29 October 2019

Mencoba MXLINUX di Komputer ber-Windows 10 - Kesan pertama

Sudah lama saya tidak meng-oprek komputer saya dengan OS Linux. Ketika iseng-iseng melihat distrowatch.com, terpampanglah di peringkat teratas saat ini yaitu MXLINUX.

MXLINUX ini masih keluarga/turunan Debian, seperti halnya Ubuntu. Ubuntu adalah distro Linux yang sangat populer dan cukup saya sukai.

Singkat cerita, langsung saya download file ISO MXLINUX 19 versi 64bit sebesar 1,4GB dan burn/tulis ke SDCARD menggunakan Rufus.

Kebetulan komputer saya masih menggunakan basic bios boot alias belum pakai yang EFI/UEFI secure boot, jadi lebih gampang untuk proses boot dan instalasi MXLinux.

MXLinux saya install di partisi ext4 dengan ruang hdd sekitar 100GB dan partisi sebesar 16GB (sebenarnya tidak harus 16GB). Proses instalasi berlangsung cukup cepat dan terakhir saya install grub di MBR hdd lalu reboot komputer.

Boot MXLinux pertama langsung masuk grub dan....item boot Windows 10 tidak nampak di pilihan grub. Ya sudah, terus saja masuk ke proses boot MXLinux sampai siap tampilan desktop-nya.

Penasaran, saya restart lagi komputer dan tetap saja item grub  tidak menampilkan boot ke Windows 10. Tetap saya teruskan proses boot MXLinux ini sampai layar desktop nya siap.

Saya pikir,  cari di Google tentang menambahkan item boot grub. Saya buka Firefox yang sudah termasuk bawaan paket MXLinux, Treng-treng....loh kok menu Wifi nggak kelihatan ya...

Saya mencari cara untuk setting network dengan mengetikkan network di search bar menu MXLinux, ketemulah Advance Network Configuration,  ternyata saya harus create network dulu dengan memilih kartu wireless yang terinstall di komputer saya, terus tambah SSID dan password secara manual akhirnya bisa juga tersambung ke akses point wifi saya.

Senang banget...akhirnya bisa juga online dari MXLinux ini. Dan ketemulah dengan cara untuk menambah item boot grub yang hilang atau tidak terdeteksi. Ternya perintahnya sederhana :

sudo update-grub

Kalau mau lihat bisa ke sini. Setelah reboot, keluarlah item boot grub Windows 10. Saya coba masuk Windows 10 dan bisa beroperasi dengan baik. Terus kembali boot ke MXLinux dan bisa berjalan dengan baik dual boot Windows 10 dan MXLinux ini.

Ini adalah kesan pertama saya meng-install dan menggunakan MXLinux. Konfigurasi hardware dan software Anda yang berbeda, mungkin akan menghasilkan hal dan kendala yang berbeda.

No comments: