03 November 2008

Pengalaman Ganti Kartu IM3

Pertengahan bulan Oktober lalu, saya membeli sebuah kartu IM3 di sebuah kios pinggir jalan. Saya tertarik membelinya karena nomornya lumayan cantik dan harganya murah. Lumayan buat nomor cadangan kalau operator lain lagi ngadat.

Karena hanya sebagai nomor cadangan, setelah kartu aktif dan mencoba fitur-fitur IM3, saya simpan kartu tersebut. Namun betapa kagetnya saya ketika minggu lalu saya akan menggunakan kembali kartu tersebut, muncul pesan "CARD ERROR" di HP Siemens saya setelah kartu IM3 dimasukkan. Setelah mencoba di dua HP yang berbeda, dan kartu tetap tidak bisa digunakan, akhirnya saya berkesimpulan bahwa kartu IM3 saya ini telah rusak.

Setelah mencari alamat Gallery Indosat di internet dan saya tanya ke Customer Service Indosat di nomor 30003000 (dari telepon rumah) akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Gallery Indosat di Depok yang buka dari jam 9-17 di hari Sabtu (hari Senin-Jum'at buka jam 8-17).

Setelah jam kerja usai, bergegas saya menuju Gallery Indosat Depok yang berada di Ruko Pesona Khayangan Depok. Setelah memberitahukan maksud saya untuk mengganti kartu IM3 pada mba' CS-nya, saya diminta untuk menuliskan nomor IM3 saya dan menyerahkan KTP saya. Tidak lama menunggu, saya diminta membayar biaya penggantian kartu sebesar Rp. 10.000,- di kasir. Dari kasir, saya langsung kembali ke mba' CS-nya dan langsung diberikan kartu IM3 pengganti. Mba' CS-nya bilang bahwa kartu akan aktif besok (Minggu, 2 Nov 2008). Setelah mengucapkan terima kasih, langsung saya pulang ke rumah.

Karena tidak sabar menunggu sampai besok, sore hari sekitar jam 6, saya coba kartu IM3 pengganti tersebut. Setelah kartu dimasukkan ke HP, muncul tulisan untuk meregistrasi nomor IM3. Setelah saya masukkan data registrasi, saya coba cek pulsa, muncul tulisan CALL BARRING. Berarti nomor saya ini belum aktif. Saya iseng mencoba menelepon nomor saya dari HP lain, ternyata bisa nyambung. Telepon saya matikan kemudian saya hidupkan kembali. Masuk SMS dari 4444 yang menyatakan nomor saya telah terdaftar. Langsung saya coba telepon keluar dan berhasil nyambung. Berarti nomor saya telah aktif. Lumayan... dalam waktu ± 4 jam kartu saya sudah aktif.

11 comments:

Irfan Tik SBM said...

Hari ini saya mau ke IM3 grafari Depok..masalahnya sama,,mudah2an bisa ok lagi kartu saya..thanks atas info lokasi IM3 depoknya...

Unknown said...

benar hari sabtu buka sampai jam 5 bkn jam 12 siang?

rr said...

@Bapak Mujizat Hasyir, mohon maaf, saat ini saya belum punya info tentang jam buka Gerai Indosat di hari Sabtu. Pengalaman di atas terjadi ± 2 tahun lalu.

Anonymous said...

kalau hari seni s/d jumat buka sampe jam brp mas?

Unknown said...

Udah di depan itc atau dimana mas??

Unknown said...

Udah di depan itc atau dimana mas??

rr said...

@Bayu Waluyo

Saya mengganti kartu IM3 tersebut ketika Gallery Indosat masih di Ruko Pesona Kayangan

Unknown said...

Bisa benerin bentuk kartu yg udah di potong kecil ke bentuk semula gk yaa.. Tanpa mengganti nomor yg sudah ada

rr said...

@Nanikz nanoy,

Maaf saya kurang tahu mengenai perubahan bentuk sim card. Tapi kemungkinan besar bisa Mba Nanikz.

Unknown said...

Maaf mau nanya nomer HP saya hilang dan hpnya,apakah bisa nomer lama saya kembali lagi dgn ganti baru di gerai?syaratnya apa saja?terima kasih

rr said...

@Unknown
Untuk penggantian kartu, mungkin lebih baik telepon terlebih dulu ke CS Indosat untuk mengetahui persyaratan. Dari yang saya tahu, untuk nomor hilang, asalkan nama terdaftar pada nomorsesuai dengan KTP, kemungkinan nomor tersebut masih bisa kembali.