09 August 2017

Mencoba layanan VPS di vultr.com - Bagian 1

VULTR adalah salah satu penyedia layanan VPS (Virtual Private Server) yang memiliki kantor pusat di New Jersey, Amerika Serikat. Satu hal yang menarik dari Vultr adalah, dari 15 lokasi data center yang mereka miliki, 2 data center berlokasi di  Tokyo dan Singapura. Sehingga bagi kita pengguna internet di Indonesia akan lebih cepat mengakses VPS yang kita sewa di Vultr, khususnya lagi data center Vultr di Singapura.

Dengan memilih lokasi VPS di Singapura, server Anda akan mendapat nilai ping yang relatif kecil dibanding jika Anda menyewa VPS yang lokasi servernya di Amerika atau Eropa. Disamping itu, rata-rata ISP di Indonesia sudah memiliki link koneksi serta bandwidth internet ke Singapura yang cukup baik.

Dengan biaya mulai 2,5 USD per bulan, Anda sudah dapat menyewa VPS (sebutannya di website Vultr Cloud Compute) di Vultr. Perlu diingat, tidak semua lokasi server tersedia paket VPS dengan harga yang Anda inginkan dikarenakan slot server yang tersedia sudah habis terjual.



Register


Setelah Anda sukses melakukan pendaftaran akun Vultr, Anda dapat mengakses halaman Dashboard atau Control Panel di https://my.vultr.com 



Halaman awal setelah login seperti di bawah ini :


Untuk segera membuat instance VPS baru, klik tanda (+) seperti yang ada di sebelah kanan gambar di atas. Namun sebelum membuat instance VPS, Anda harus terlebih dahulu mendepositkan dana di akun Vultr Anda. Kabar baiknya, saya bisa melakukan deposit dengan menggunakan kartu debit virtual keluaran Bank BTPN yaitu kartu Jenius. Kartu debit yang saya gunakan sengaja saya isi sedikit dana sesuai keperluan. Bagi pengguna smartphone dapat melakukan instalasi aplikasi Jenius dari link Android dan IOS. Jangan lupa masukkan cashtag $sururi sewaktu mendaftar Jenius agar mendapat bonus di rekening Jenius Anda (jika promosi masih berlaku).


Tentu saja, Anda bisa melakukan deposit dana ke akun Vultr dengan kartu debit lain yang sudah mendukung 3D secure. Untuk mencoba layanan, saya hanya mendepositkan dana sebesar 5 USD. Jadi saya hanya mengisi kartu debit virtual saya sebesar Rp 100.000,-.  Perlu Anda ketahui, kartu debit Anda akan dipotong 1 USD untuk verifikasi kartu. Dari pengalaman sebelumnya, dana 1 USD tadi akan dikembalikan namun waktunya cukup lama. Dana verifikasi saya sendiri dikembalikan dalam waktu 45 hari ketika mencoba daftar Amazon Web Service.

Register





No comments: