12 February 2008

Update / Sinkronisasi Jam Komputer Setiap Hari

Masih bersambung dengan posting saya sebelumnya tentang pentingnya ketepatan penunjuk waktu, di bawah ini saya tuliskan langkah-langkah agar jam di komputer Anda selalu tepat. Tips di bawah ini berlaku untuk komputer yang ber-OS Microsoft Windows.


1. Pastikan bahwa setting sinkronisasi jam ke internet time server dipilih. Caranya : klik kanan pada jam yang ada di tray, pilih Adjust Date/Time, pilih tab Internet Time, berikan tanda centang pada pilihan Automatically synchronize with an Internet time server, pilih server time.windows.com kemudian klik OK.



2. Jalankan regedit, pilih HKEY_LOCAL_MACHINE, pilih SYSTEM, pilih CurrentControlSet, pilih Services, pilih W32Time, pilih TimeProviders, pilih NtpClient, pilih SpecialPollInterval. Masukkan dalam decimal jumlah detik yang Anda inginkan, misalnya 86400 untuk 1 hari (24 jam) dan klik OK, keluar dari regedit dan restart Windows Anda.



3. Pastikan komputer Anda terhubung ke Internet.

4. Lakukan update 1 kali saja melalui menu Update Now menu Adjust Date/Time.


5. Keesokan harinya Anda tidak perlu update manual lagi. Jadi misalkan hari ini Anda melukukan update manual, lihat di kalimat Next synchronization, kalau di situ sudah tertera tanggal besok, berarti setting sinkronisasi jam otomatis di komputer Anda sudah selesai.