05 February 2008

Jam berapa sekarang?

Pertanyaan di atas sering kita lontarkan dalam hati atau kita lontarkan ke orang lain di dekat kita saat kita ingin mengetahui waktu. Banyak orang tidak terlalu ambil pusing dengan ketepatan penunjuk waktu. Padahal menurut saya, ketepatan penunjuk waktu itu sangat penting.

Misalkan ada 3 orang yang memiliki jam tangan, coba Anda tanya kepada ke 3 orang tersebut, maka muncullah jawaban yang berbeda. Si A menjawab pukul 15.54, Si B menjawab pukul 15.50, Si C menjawab 16.10. Seandainya kita menjadi saksi pada sebuah peristiwa penting, misalnya kematian seseorang di rumah sakit, dan ditanyakan jam kematiannya, penunjuk waktu yang mana yang akan kita ikuti, milik Si A, Si B atau Si C?

Sebagai pengguna komputer dan internet, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa di dunia ini terdapat beberapa time server. Bahkan ada yang terhubung ke jam atom. Salah satu server penujuk waktu adalah worldtimeserver.com. Bagi Anda pengguna PSTN (Telkom), untuk mengetahui "Jam Berapa Sekarang?", caranya mudah, tinggal hubungi 103 dan dengarkan petunjuk waktu yang diberikan.

Untuk Anda yang komputernya terhubung ke internet(pengguna MS Windows XP), silakan aktifkan sinkronisasi otomatis ke time server, caranya klik kanan jam yang ada pada tray (pojok kanan bawah), pilih adjust date/time, pilih tab internet time, beri tanda centang pada automatically syncronize with an Internet time server, dan pilih server time.windows.com. Defaultnya, Windows akan meng-update setiap 2 minggu.

Update :
Untuk pengguna Windows 7, cara mengaktifkannya ada sedikit perbedaan. . Untuk merubah, silakan klik button Change Settings pada tab Internet Time.



Sebelum melakukan sinkronisasi dengan time server, set dulu time zone komputer Anda. Untuk Jakarta (WIB) adalah GMT+7.

2 comments:

Anonymous said...

Klo Pengguna Windows 7...
Gimana..?

Apra said...

itu windows7 bang